Jumat, 19 Desember 2008

PENGALAMAN KULIAH DAN PRAKTIKUM PTI

Pengantar Teknologi Informasi ( PTI ) adalah salah satu mata kuliah dengan bobot 4 SKS. Selain dengan kuliah di kelas mata kuliah ini juga terdapat praktikumnya. Kalo’ berbicara masalah kuliah dan praktikum tentunya banyak sekali pengalaman dan cerita lucu. Mulai dari yang paling mengenaskan sampai yang paling menegangkan.


FINAL PROJECT
Suatu waktu ketika menjelang demo pertama final project. Hampir beberapa malam harus merelakan waktu tidur malam untuk bergadang mengerjakan final project website yang sebentar lagi mau di demokan. Komputer butut menjadi sahabat setia meskipun kadang – kadang harus menguji kesabaran karena sering eror. Dan yang paling mengenaskan, sakit gigi ikut datang meramaikan suasana. Ampun..ampun… !!
Tapi akhirnya setelah melewati perjuangan yang panjang final project dapat selesai sekitar 65%. Pagi itu begitu cerah, tapi sakit gigi menghilangkan kecerahan tersebut. Dan dengan setianya sakit gigi menemani demo pertama final project. Pertanyaan – pertanyaan dari asprak yang datang silih berganti terjawab tanpa konsentrasi penuh.
“ Bagaimana caranya…?? “
“ Jelaskan mengapa….?? “
“ Kenapa ko’ bisa seperti ini ….?? “
“ Coba ubah warna baground …!! “
#@*##




PRESENTASI KELOMPOK 10
Kalo’ yang ini bisa dibilang pengalaman yang membanggakan. Tapi tetap saja untuk mencapainya lagi – lagi harus melewati perjuangan yang tidak gampang. Mulai dari pembuatan materi presentasi yang harus mengerjakan ulang dari awal setelah sebelumnya sudah selesai akan tetapi materi - materi yang disusun banyak yang masuk kategori out of topic alias OOT. Jalan kaki dari Gebang ke Asrama dengan iringan rintikan air hujan harus ditempuh untuk menyelesaikan materi presentasi. Setelah materi presentasi selesai dikerjakan ternyata setelah diajukan ke Dosen PTI ( Khakim Ghozali, Ir. ) masih harus ditambahkan lagi beberapa point dan beberapa contoh aplikasi.
Akan tetapi perjuangan tersebut tidak sia - sia. Presentasi berjalan dengan lancar, pertanyaan – pertanyaan dapat terjawab dengan baik dan hasil post test yang memuaskan. Kemuadian yang paling mengesankan ketika Pak Khakim mengatakan “ Presentasi kali ini lebih baik dari presentasi – presentasi sebelumnya “ ketika mengevaluasi.


PEMBUATAN MAKALAH PERKEMBANGAN SOFTWARE
Di akhir semester satu ini terdapat beberapa tugas pembuatan makalah dan karya tulis ilmiah. Salah satunya adalah makalah tentang perkembangan software. Ini adalah pengalamanku yang paling menjengkelkan. Software yang dibahas harus berbeda antara satu kelompok dengan kelompok lainnya.Dan sebelum memulai mengerjakan harus menyetorkan judul software yang dibahas terlebih dahulu pada koordinator kelas. Dan software yang aku ajukan pada waktu itu adalah MS DOS.
Setelah konfirmasi dengan koordiator kelas, langsung saja aku pergi ke warnet untuk cari bahan makalah yang akan kugarap. Sementara deadline pengumpulannya tinggal keesokan harinya. Semalaman suntuk aku berhadapan dengan komputer tanpa tidur untuk menyelesaikan makalah tersebut. Sampai waktu shubuh tiba makalahku belum juga selesai. Sehingga dengan terpaksa aku korbankan tidak masuk kuliah KALKULUS dan FISDAS untuk menyelesaikan tugas tersebut. Karena selain tugas makalah, pada hari itu juga aku ada presentasi yang juga membutuhkan persiapan yang matang.
Lega sekali rasanya setelah makalah selesai. Akan tetapi rasa lega tersebut tidak bertahan lama, bahkan berubah menjadi jengkel dan dongkol. Karena setelah dikumpulkan ternyata ada kelompok lain yang membuat makalah dengan judul yang sama yaitu MS DOS. Setelah ditelusuri ternyata ketika menyetorkan judul, terjadi misskomunikasi dengan koordinator kelas. Dan mau tidak mau harus membuat lagi dari awal dengan judul yang berbeda. Kecewa, sakit hati, marah, jengkel bercampur menjadi satu. Karena sudah dibela – belain tidak masuk TPB dan bergadang semalaman tanpa istirahat ternyata sia – sia.


CAPEK DEH….!!

Tidak ada komentar: